Macam-macam Batik di Indonesia

Batik adalah salah satu harta warisan nenek moyang Nusantara yang telah menjadi kebanggan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Hal ini terbukti dengan semakin maraknya berbagai lapisan masyarakat yang mulai memakai baju batik sebagai busana keseharian. Namun meski banyak orang telah mulai memakai baju batik, tidak jarang beberapa diantara mereka yang belum mengetahui berbagai jenis motif batik yang ada di Indonesia. Ya, jenis motif batik sangat beragam dan tersebar hampir di seluruh pelosok Nusantara. Fakta ini semakin membuktikan bahwa Indonesia memiliki ragam budaya yang melimpah dan punya keunikan tersendiri pada motif masing-masing daerah. Nah untuk mengetahui macam-macam jenis batik di Indonesia, mari kita simak beberapa ulasan singkatnya di bawah ini.

  • Batik Solo. Batik solo memiliki ciri yang terletak pada warna coklat yang kental atau biasa disebut soga. Warna tersebut menggambarkan kedekatan masyarakat dengan alam sekitar. Bisa pula diartikan sebagai kerendahan hati dan kesahajaan masyarakat solo yang terkenal memiliki adat sopan santun tinggi.
  • Batik Cirebon. Batik Cirebon mendapat pengaruh motif dari dua keraton yang terletak di wilayah tersebut, yakni keraton kasepuhan dan keraton kanoman. Beberapa warna yang paling sering terdapat pada batik Cirebon yaitu biru tua, merah, dan hitam. Letak keunikan batik Cirebon terletak pada motifnya yang sering menyertakan corak batu cadas.
  • Batik Bali. Batik bali umumnya sering dipakai untuk menunjang suatu acara keagamaan. Motif batik bali memiliki ciri khas tersendiri, seperti motif burung bangau, rusa, naga, kura-kura, dan bunga. Baju batik yang dipakai oleh masyarakat Bali biasanya cukup beragam, tergantung kondisi sosial dari pemakai batik tersebut.
  • Batik Tulungagung. Batik tulungagung adalah salah satu jenis batik dengan motif terbanyak di Indonesia. Sedikitnya ada 86 motif batik yang biasa dipakai untuk menghiasi batik Tulungagung. Beberapa motif yang paling populer diantaranya motif lereng buket, motik buket cepring gringsing, motif buket ceprek, dan lain-lain.

Nah itulah macam-macam batik menurut asal daerahnya. Sebenarnya masih banyak beberapa motif batik yang berasal dari daerah lain, namun keempat motif batik di atas adalah yang paling populer dan banyak diminati saat ini.